Menerapkan Teori Harold Garfinkel

    Nama : Teguh Bashori

    NIM   : 20107020002

   Mata Kuliah SOSIOLOGI MODERN A


  Menerapkan Teori Etnometodologi Harold Garfinkel dalam Realitas Kehidupan

Harold Garfinkel lahir di kota Newark ,New Jersey tanggal             29 Oktober 1917.Mengenyam bangku perkuliahan bagian bisnis di Universitas Newark .Pada Tahun 1939 lulus dari universitas.Bekerja di UCLA tahun 1954.Mengenalkan istilah etnometodologi dalam setiap seminarnya.Garfinkel mengenalkan etnometodologi pada tahun 1967.Berdasar Buku teori sosial dan klasik sampai postmodern 2012

Teori etnometodologi memaparkan bahwa kegiatan seseorang dalam kesehariannya.Fokus utama tidak pada struktur etnometodologi namun fokus bagaimana seorang individu membangun kesadaran untuk memahaminya.Etnometodologi sebagai sebuah studi dan ilmu tentang metode yang menggunakan perasaan beraturan atau keseimbangan dalam situasi ketika berinteraksi.

Metodologi asal usul kata dari Yunani yang berarti metode dan digunakan untuk  menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga manusia ketika memiliki masalah menyelesaikannya menggunakan penalaran praktis.Etnometodologi sebagai kajian yang mandiri dan berdiri sendiri.Etnometodologi membahas tentang obyektivitas fakta sosial sebagai produk aktivitas metodologi.

Menurut Grafinkel etnometodologi dijelaskan secara reflektif aktor bergerak untuk melakukan sesuatu.Teori ini menekankan perhatian untuk menganalisa perjalanan aktor dan cara penjelasannya diterima atau ditolak oleh orang lain.Sehingga dalam etnometodologi memusatkan perhatian pada percakapan.Dalam etnometodologi memberikan penjelasan sosial .Etnometodologi menganggap bahwa pranata sosial dipertahnkan sebagai suatu entitas nyata dan merupakan kejadian dan pengalamman yang dialami manusia setiap hari.Etnomenologi mempelajari realitas sosial atas interaksi yang berlasung dalam keseharian.Tindakan yang dilakukan oleh individu dalam suatu gabungan komunitas saat bertindak dan bertingkah laku dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Etnometodologi bertujuan untuk memahami masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.Memahami pola interaksinya,pola pikir,perasaan dan gaya bicara.Etnometodologi menggabungkan fenomenologi secara sosial tradisional untuk menghasilkan perspektif yang menekankan pada penelitian empiris.Dalam teori etnometodologi lebih fokus pada tindakan dan hubungan interaksi .Keabsahan dann kualitas aktor lebih ditekankan dalam teori etnometodologi.Etnonmetodologi merupakan sebuah metode yang digunakan dalam membuat laporan etnografik model penelitian mempelajari peristiwa,menyajikan pandangan hidup subyek mejadi sebuah obyek.Dalam teori etnometodologi memiliki beberapa jenis diantaranya analisis percakapan yang bertujuan untuk mempelajari cara menata percakapan yang benar.Percakapan lebih memusatkan perhatiannya pada hubungan antara ucapan dan hubungan dengan lawan bicara.Dalam suatu percakapan memiliki aturan dan prosedur sesuai dengan nilai dan norma. Studi setting institusional.Etnometodologi memerhatikan meja kerja yang digunakan ilmuwan dalam kehidupan keseharian.

Jadi etnometodologi adalah praktik yang dilakukan dalam kehidupan untuk menyelesaikan urusan dalam kehidupan sehari-hari.Etnometodologi memiliki cara pandang .Ada beberapa jenis tekanan dalam etnometodologi .Ada berbagai jenis ketegangan teori etnometodologi merupakan upaya terus menerus untuk memisahkan dari aliran utama sosiologi.Etnometodologi menjelaskan struktur sosial.

Contoh penerapannya dalam lingkungan sekolah Ketika di sekolah dikelas murid murid secara serentak duduk dikursinya dengan rapi dan hormat kepada gurunya. Berbicara dan gaya bicara dengan guru harus mencerminkan nilai-nilai kesopanan dan sesuai tata tertib dan aturan kelas.

Rujukan : Hilber ,R.A, Etnometodologi dan Teori Sosial.In Turner,B.S. Teori Sosial dan Klasik sampai Postmodern,(Yogyakarta:Pustaka Pelajar;2012)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Teori Pilihan Rasional James Samuel Coleman

konflik sosial pandangan Ralf Dahrendorf