Menerapkan Teori Harold Garfinkel
Nama : Teguh Bashori
NIM : 20107020002
Mata Kuliah SOSIOLOGI MODERN A
Menerapkan Teori Etnometodologi Harold Garfinkel dalam Realitas
Kehidupan
Harold Garfinkel lahir di kota Newark
,New Jersey tanggal 29 Oktober
1917.Mengenyam bangku perkuliahan bagian bisnis di Universitas Newark .Pada
Tahun 1939 lulus dari universitas.Bekerja di UCLA tahun 1954.Mengenalkan
istilah etnometodologi dalam setiap seminarnya.Garfinkel mengenalkan
etnometodologi pada tahun 1967.Berdasar Buku teori sosial dan klasik sampai
postmodern 2012
Teori etnometodologi memaparkan
bahwa kegiatan seseorang dalam kesehariannya.Fokus utama tidak pada struktur
etnometodologi namun fokus bagaimana seorang individu membangun kesadaran untuk
memahaminya.Etnometodologi sebagai sebuah studi dan ilmu tentang metode yang
menggunakan perasaan beraturan atau keseimbangan dalam situasi ketika
berinteraksi.
Metodologi asal usul kata dari
Yunani yang berarti metode dan digunakan untuk
menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga manusia
ketika memiliki masalah menyelesaikannya menggunakan penalaran praktis.Etnometodologi
sebagai kajian yang mandiri dan berdiri sendiri.Etnometodologi membahas tentang
obyektivitas fakta sosial sebagai produk aktivitas metodologi.
Menurut Grafinkel etnometodologi
dijelaskan secara reflektif aktor bergerak untuk melakukan sesuatu.Teori ini
menekankan perhatian untuk menganalisa perjalanan aktor dan cara penjelasannya
diterima atau ditolak oleh orang lain.Sehingga dalam etnometodologi memusatkan
perhatian pada percakapan.Dalam etnometodologi memberikan penjelasan sosial .Etnometodologi
menganggap bahwa pranata sosial dipertahnkan sebagai suatu entitas nyata dan
merupakan kejadian dan pengalamman yang dialami manusia setiap
hari.Etnomenologi mempelajari realitas sosial atas interaksi yang berlasung
dalam keseharian.Tindakan yang dilakukan oleh individu dalam suatu gabungan
komunitas saat bertindak dan bertingkah laku dalam kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari.
Etnometodologi bertujuan untuk
memahami masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.Memahami pola interaksinya,pola
pikir,perasaan dan gaya bicara.Etnometodologi menggabungkan fenomenologi secara
sosial tradisional untuk menghasilkan perspektif yang menekankan pada
penelitian empiris.Dalam teori etnometodologi lebih fokus pada tindakan dan
hubungan interaksi .Keabsahan dann kualitas aktor lebih ditekankan dalam teori
etnometodologi.Etnonmetodologi merupakan sebuah metode yang digunakan dalam
membuat laporan etnografik model penelitian mempelajari peristiwa,menyajikan
pandangan hidup subyek mejadi sebuah obyek.Dalam teori etnometodologi memiliki
beberapa jenis diantaranya analisis percakapan yang bertujuan untuk mempelajari
cara menata percakapan yang benar.Percakapan lebih memusatkan perhatiannya pada
hubungan antara ucapan dan hubungan dengan lawan bicara.Dalam suatu percakapan
memiliki aturan dan prosedur sesuai dengan nilai dan norma. Studi setting
institusional.Etnometodologi memerhatikan meja kerja yang digunakan ilmuwan
dalam kehidupan keseharian.
Jadi etnometodologi adalah praktik
yang dilakukan dalam kehidupan untuk menyelesaikan urusan dalam kehidupan
sehari-hari.Etnometodologi memiliki cara pandang .Ada beberapa jenis tekanan
dalam etnometodologi .Ada berbagai jenis ketegangan teori etnometodologi
merupakan upaya terus menerus untuk memisahkan dari aliran utama sosiologi.Etnometodologi
menjelaskan struktur sosial.
Contoh penerapannya dalam lingkungan
sekolah Ketika di sekolah dikelas murid murid secara serentak duduk dikursinya
dengan rapi dan hormat kepada gurunya. Berbicara dan gaya bicara dengan guru
harus mencerminkan nilai-nilai kesopanan dan sesuai tata tertib dan aturan
kelas.
Rujukan : Hilber ,R.A,
Etnometodologi dan Teori Sosial.In Turner,B.S. Teori Sosial dan Klasik sampai
Postmodern,(Yogyakarta:Pustaka Pelajar;2012)
Komentar
Posting Komentar